Topan Nanmadol Jadi Ancaman MotoGP Jepang

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 21
Selasa, 20 September 2022 08:00 WIB
Duel sengit Marc Marquez (Repsol Honda) melawan Andrea Dovizioso (Ducati) di MotoGP Jepang yang digelar di sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu, 15 Oktober 2017. (AP Photo/Shizuo Kambayashi)

TEMPO.CO, Jakarta - Balapan MotoGP 2022 akhir pekan ini akan berlanjut ke Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang. Balapan yang dijadwalkan bergulir pada Ahad, 25 September 2022 ini sudah memasuki seri ke-16. 

Dua musim terakhir, rangkaian MotoGP Jepang terpaksa dibatalkan karena situasi pandemi Covid-19. Kini, saat Covid-19 telah mulai mereda, ancaman lain mengintai rangkaian MotoGP Jepang 2022.

Saat ini, topan yang cukup kuat tengah melanda Jepang dan berpotensi mengganggu kelancaran balapan. Salah seorang personil IRTA, Geoff Dixon, kini telah terbang ke Jepang untuk memantau kedatangan logistik.

Dengan peringatan topan yang dikeluarkan pemerintah Jepang, empat pesawat kargo Boeing 747 milik Dorna kemungkinan tak dapat mendarat di Tokyo pas waktu. Padahal, seluruh personil tim mesti bertolak ke Jepang dari Aragon pada Senin atau Selasa pekan ini. Mereka harus memastikan rangkaian acara MotoGP Jepang 2022 melangkah dengan baik.

Seperti diketahui, keterlambatan dalam pengiriman logistik dapat berpengaruh besar pada jadwal akhir pekan balapan. Kasus MotoGP Argentina 2022, misalnya. Karena pesawat kargo mengalami masalah saat terbang dari Indonesia, sesi latihan pada hari Jumat ditiadakan. Saat ini, Dorna, IRTA, dan FIM tengah berdiskusi untuk menemukan jalan keluar terbaik.

Sejauh ini, topan yang dinamai Nanmadol tersebut telah membikin ribuan penduduk Jepang di bagian barat daya Jepang mengungsi. Meski badai topan tersebut beralih dengan cukup lambat namun berpotensi mencapai bagian timur laut Jepang pada akhir pekan ini.

Adapun Sirkuit Twin Ring Mootegi dan Bandara Tokyo berlokasi di tenggara pulau utama Jepang. Skenario terburuknya, MotoGP Jepang 2022 terpaksa harus dibatalkan untuk kali ketiga dalam tiga musim terakhir.

Untuk sementara pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia mendapatkan tambahan 20 poin setelah finis kedua di MotoGP Aragon, Minggu, 18 September 2022. Kini pembalap Italia itu mengumpulkan total 201 poin dan berada di ranking kedua klasemen sementara MotoGP 2022. 

Jarak dengan ketua klasemen sementara, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), kini hanya terpaut 10 poin (total 211 poin). Sedangkan Quartararo gagal menyelesaikan lomba setelah terlibat tabrakan dengan Marc Marquez di lap pertama. 

Jadwal MotoGP Jepang

Jumat, 23 September 2022
13.05 Latihan Bebas Pertama (FP1)

Sabtu, 24 September 2022
08.50 Latihan Bebas Kedua (FP2)
12.25 Latihan Bebas Ketiga (FP3)
13.05 Kualifikasi 1 (Q1)
13.30 Kualifikasi 2 (Q2).

Minggu, 25 September 2022
08.40 Pemanasan
13.00 Balapan (Live Trans7).

Baca: 3 Berita Terkini MotoGP Jelang Jadwal GP Jepang: Takaaki Nakagami, Francesco Bagnaia, Enea Bastianini






2 jam lalu

3 Berita Terkini MotoGP Jelang Jadwal GP Jepang: Takaaki Nakagami, Francesco Bagnaia, Enea Bastianini

Berita terkini MotoGP menampilkan info menjelang jadwal balapan di Jepang. Ada cerita soal Takaaki Nakagami, Francesco Bagnaia, Enea Bastianini.


12 jam lalu

Topan Nanmadol Melanda Jepang, Ratusan Penerbangan dan Perjalanan Kereta Dibatalkan

Bencana banjir dan tanah longsor dapat terjadi saat topan ke-14 musim ini beralih menuju Jepang timur.


16 jam lalu

Satu Orang Tewas Tersapu Topan Nanmadol di Jepang

Topan yang dinamakan 'Nanmadol' itu merupakan badai terbesar yang melanda Jepang dalam beberapa tahun terakhir.


18 jam lalu

Usai Menang di Aragon, Enea Bastianini Berharap Podium di MotoGP Jepang

Saat ini Enea Bastianini berada di ranking keempat klasemen sementara MotoGP dengan total 163 poin.


20 jam lalu

Menang Lagi, Enea Bastianini Tak Pikirkan Gelar Juara Dunia MotoGP

Sejauh ini Enea Bastianini sudah memenangkan empat seri MotoGP musim 2022 dan membawanya di ranking empat klasemen sementara.


23 jam lalu

Cerita Marc Marquez Soal Insiden dengan Fabio Quartararo di MotoGP Aragon

Marc Marquez mengakui ban belakangnya sedikit slip selepas Tikungan 3 yang menyebabkan Fabio Quartararo menabraknya dari belakang di MotoGP Aragon.


1 hari lalu

Klasemen MotoGP Usai Seri Aragon: Bagnaia Dekati Quartararo

Fabio Quartararo tetap memimpin klasemen MotoGP dengan total 211 poin, hanya terpaut 10 poin dari Francesco Bagnaia.


1 hari lalu

Hasil MotoGP Aragon: Enea Bastianini Juara, Quartararo-Marquez Crash

Enea Bastianini (Gresini) menyentuh garis finis pertama kali dengan kelebihan hanya 0,042 detik dari Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)


1 hari lalu

Angin Topan Nanmadol Menyapu Selatan Pulau Kyushu Jepang

Wilayah Pulau Kyushu di Jepang disapu angin topan Nanmadol. Warga diperingatkan bahaya angin kencang dan gelombang tinggi.


1 hari lalu

Enea Bastianini Berjanji Tampil Menyerang di MotoGP Aragon

Enea Bastianini akan memulai balapan dari posisi ketiga atau di grid terdepan. Podium menjadi incarannya, bersaing dengan Francesco Bagnaia (Ducati)