Starlink akan sediakan akses internet di bus sekolah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 7

SpaceX mau menempatkan internet Starlink di bus sekolah pedesaan di AS. Tujuannya untuk membikin anak-anak tetap online selama perjalanan pulang.

Internet satelit Starlink sebelumnya dikabarkan akan menyediakan akses internet pada kapal layar dan mobil RV. Berita terbaru, internet satelit ini tampaknya juga akan menemani anak-anak pulang dari sekolah. SpaceX mengatakan kepada FCC dalam sebuah pengajuan bahwa mereka mau melengkapi internet di bus sekolah di pedesaan AS. Proyek ini akan membikin siswa tetap terhubung selama perjalanan panjang, memastikan mereka dapat menyelesaikan pekerjaan rumah yang membutuhkan internet secara pas waktu.

Perusahaan itu secara bersamaan mendukung proposal bulan Mei dari ketua FCC Jessica Rosenworcel untuk menghadirkan Wi-Fi ke bus sekolah, dan mengatakan mereka mendukung upaya regulator untuk mendanai akses internet sekolah dan perpustakaan melalui program E-Rate. Dilansir dari Engadget (23/9), tak mengherankan kalau SpaceX merasa mempunyai solusi terbaik berkat penyebaran satelit yang cepat, antena portabel, dan layanan sigap untuk area “paling terpencil”.

Berita tersebut datang dua bulan setelah FCC mengizinkan penggunaan Starlink di kendaraan, mencatat bahwa itu akan melayani “kepentingan umum” untuk membikin orang tetap online saat bepergian. Konsep ini bukanlah hal baru sebagai contoh, Google melengkapi bus sekolah dengan Wi-Fi pada tahun 2018 setelah pengujian.

Tidak ada jaminan bahwa FCC akan merangkul SpaceX dan mendanai layanan Starlink berbasis bus. Komisi itu menolak permintaan SpaceX untuk donasi USD885,5 juta melalui Rural Digital Opportunity Fund, dan perusahaan menanggapi dengan mengecam penolakan tersebut sebagai “sangat tak adil” dan diduga tak didukung oleh bukti. Layanan internet satelit secara teoritis menawarkan jangkauan pedesaan yang lebih konsisten daripada data seluler, dan pesaing Starlink seperti Project Kuiper dari Amazon belum menerapkannya dengan sungguh-sungguh.